Follow Me @gitagipus

Minggu, 31 Maret 2013

Teknologi Semakin Berkembang, Aplikasi Chatting Merajalela



Dewasa ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi mempengaruhi lifestyle seseorang . Zaman sekarang banyak orang , terutama anak muda, berpaling dari penggunaan SMS (Short Message Service) ke aplikasi chatting. Aplikasi-aplikasi yang akhir-akhir ini lagi booming seperti WhatsApp, LINE, WeChat, dan KakaoTalk. Masyarakat tertarik untuk mencoba aplikasi tersebut agar tidak dicap kurang update akan perkembangan teknologi. Namun sebenarnya apakah perbedaan dari aplikasi-aplikasi tersebut? Check it out!


1. WhatsApp

WhatsApp Messenger diciptakan oleh dua orang dengan pengalaman total selama 20 tahun yang telah melakukan berbagai hal teknis di Yahoo! Inc. sebelum mereka memulai WhatsApp Inc. (suatu perusahaan teknologi baru yang didirikan di jantung Silicon Valley). Latar belakang mereka menciptakan aplikasi ini adalah karena mereka ingin menciptakan alternatif yang lebih baik daripada SMS. Mereka berpendapat bahwa suatu hari, dalam waktu yang dekat, setiap orang akan memiliki Smartphone.

Pada tau enggak, sebenernya apa sih arti dari WhatsApp? 

Jadi, WhatsApp merupakan plesetan dari What's Up (Apa kabar!).
Dengan WhatsApp Messenger ini memungkinkan kita untuk bertukar pesan tanpa harus membayar biaya SMS. Ini dimungkinkan karena WhatsApp Messenger memakai paket data internet yang biasa kita pakai untuk mengirim email dan menjelajahi internet.
WhatsApp Messenger tersedia untuk iPhone (OS 3.1 or newer), BlackBerry (OS 4.5 or newer), Windows Phone (OS 7.5 or newer), Android (OS 2.1 or newer), Nokia S60 (3rd Edition Feature Pack 1 or newer), dan Nokia S40 (6th edition or newer). Selain fitur dasar berkirim pesan, pengguna WhatsApp dapat membuat grup (maksimal hanya 11 orang), saling berkirim gambar, pesan video dan audio dalam jumlah tidak terbatas, serta share location.


2. LINE

 LINE adalah sebuah aplikasi chatting yang dikembangkan oleh Naver, perusahaan asal Jepang. Biaya transfer data mungkin berlaku saat pemakaian LINE, tergantung operator seluler yang digunakan. LINE tersedia untuk iPhone (iOS 4.0 or higher), Android (OS 2.1 or higher), Windows Phone (Versi 7.5 or higher), Android (3.0 or higher) dengan resolusi 1024 x768 px or higher, dan Browser: iPad Safari (iOS 4.3 or higher). Selain itu, LINE juga tersedia dalam versi PC loh .
Ini nih ada link buat downloadnya :
- Untuk Windows (Windows XP, Vista, 7(32/64bit) :
- Untuk Mac (Snow Leopard~10.7 Lion) :

 Fitur-Fitur LINE :
* Kirim video, pesan suara
* Panggilan suara gratis (pada iPhone dan Android)
* Grup (bisa menampung 100 anggota)
* Stiker LINE
* Menambah teman dengan fitur Shake!
* LINE Game
* App lain : LINE camera, LINE brush, LINE card
Selain itu, LINE menyediakan Blocked List sehingga kita dapat memblok user ID atau nomor handphone untuk tidak masuk dalam kontak LINE kita.


3. WeChat

WeChat adalah sarana komunikasi terbaru yang mendukung pengiriman pesan teks, suara, video, dan foto. Selain melakukan obrolan grup, WeChat juga dapat menambah teman baru yang berada di sekitar kita. WeChat bisa diinstal pada perangkat iOS, Android, Windows Phone, Symbian dan Blackberry.

Fitur-Fitur WeChat :
* Video call
* Moments
* Pesan suara
* Web WeChat
* Emoticon
* Obrolan grup
* Look around -- Untuk mengakses data lokasi dan menemukan orang yang menggunakan WeChat di sekitar kita
* Shake -- Goyangkan ponsel dan temukan orang yang juga sedang menggoyang ponsel di saat yang bersamaan
* Drift bottle -- Pilih "Throw" untuk mengirimkan pesan suara atau teks Anda, lalu tunggu untuk melihat siapa yang mengambil botol Anda dan membalasnya
* Facebook connect


4. KakaoTalk

KakaoTalk adalah aplikasi chatting buatan salah satu perusahaan di Korea (Kakao Inc.). Dirilis pertama kali pada 18 Maret 2010. Pada awalnya, KakaoTalk dibuat untuk pengguna Android dan sistem operasi iOS, yang berarti KakaoTalk bisa digunakan pada iPhone, iPad, maupun iPod Touch. Lebih dari satu tahun kemudian, versi beta KakaoTalk untuk BlackBerry dirilis pada 11 Agustus 2011.

Fitur-Fitur KakaoTalk :
* Free chat & call
* Group chat -- Atur janjian bisa langsung beres dengan fitur Vote & Schedule
* Group call (Max.5 orang) 
* Emoticon & Stiker
* Theme
* Plus friend -- Berteman dengan artis, brand, media tertentu yang akan memberikan berbagai kabar terbaru serta konten – konten spesial
* Game
* Privasi akan terjaga karena terdapat fitur Passcode Lock, dan kita akan dapat menyimpan data pembicaraan dengan menggunakan fitur Backup dan mengirimkan data tersebut ke e-mail
* App lain : Kakao Story, Kakao Album (pada iPhone & Android) 


Sekian review beberapa aplikasi chatting-nya , setiap aplikasi pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi satu hal yang perlu diingat adalah sebagus-bagusnya suatu aplikasi chat, sensasi obrolan tatap muka secara langsung tak akan pernah terkalahkan :)


Sumber : 
http://www.whatsapp.com/
http://line.naver.jp/id/
http://kakaotalk.co.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/KakaoTalk
http://www.wechat.com/id/

2 komentar:

  1. aku gak punya :")
    aku anti mainstream. *membela diri*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe .
      gak punya gak papa jik , cukup tau aja gapapa :p

      klo semua pada punya aplikasi chatting, pada males ketemuan semua ntar..

      Hapus