Follow Me @gitagipus

Minggu, 04 November 2012

Resensi Novel "9 Matahari : Perjuangan Seorang Mahasiswi menjadi Seorang Sarjana"


Judul Buku     : 9 Matahari
Penulis           : Adenita
Penerbit         : PT Grasindo Anggota Ikapi
Tahun Terbit  : 2008
Tebal             : 359 halaman

Perjuangan seorang gadis yang bernama Matari Anas yang berasal dari keluarga kurang mampu dalam berusaha untuk melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah. Bahkan, untuk memulai kuliahnya saja dia harus berhutang jutaan rupiah kepada pamannya. Berbagai cara dia lakukan untuk membayar hutang tersebut, mulai dari menjadi pelayan restoran, resepsionis, dan penyiar radio.

Berbagai permasalahan dia alami, seperti suasana rumah yang terkadang tidak kondusif, terlilit hutang sekolah dan kesulitan memenuhi biaya hidup. Hingga suatu hari sampailah Matari di titik lelahnya.  Urusan kuliahnya terbengkalai.

Untungnya, Matari bertemu dengan keluarga Tante Erna. Sebuah keluarga yang memberikan rasa kenyamanan pada Matari dan yang mengajarkannya asam manis kehidupan.

Dalam novel ini, diungkapkan pula betapa berartinya angka 9. Sebuah angka yang berada di atas rata-rata, tetapi masih menyisakan satu ruang untuk terus mencapai kesempurnaan. Bentuknya yang menawan, bagian atasnya berbentuk lingkaran yang menggambarkan ruang pribadi bagi setiap orang untuk menyimpan keyakinan yang tidak akan terganggu. Sedangkan, buntut di bawahnya adalah ruang terbuka, tempat seseorang itu bisa terus mengasah dirinya untuk menerima wawasan dan pengetahuan baru, serta akhirnya membuat dirinya termotivasi untuk bisa lebih baik lagi.

Novel ini cocok untuk semua kalangan, karena kata-kata yang digunakan dalam novel ini mudah untuk dimengerti.  Dan Novel “9 Matahari” ini dapat menyadarkan kita bahwa siapa saja yang berkemauan keras dalam menuntut ilmu, pasti Tuhan akan mempermudah jalan kita. 
Get your dreams guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar